Image of Teologi Kiri

Text

Teologi Kiri



Sebagai seorang pakar Sosiologi Agama, penulis buku ini menunjukkan adanya kebenutuan orientasi gerakan sosial politik Islam lewat penyajian data-data sejarah yang cukup lengkap.

Dalam memahami agama, kaum tertindas sesungguhnya tidak memerlukan tafsir baru agama. Namun yang lebih ditunggu oleh mereka adalah kehadiran agama yang mampu memecahkan persoalan kemanusiaan secara obyektif. Karena itu perbincangan teologi dalam buku ini bukan untuk merumuskan sebuah konsep teologi. Namun memahamkan bahwa perbincangan teologi harus sampai pada kenyataan bahwa berbagai permasalahan kemanusiaan harus diatasi oleh mereka yang mengaku ber-Tuhan.

Kesalehan adalah kepedulian atas kemanusiaan dan pembelaan kepada kaum tertindas. Bagi teologi kiri, pembelaan kaum tertindas (buruh, orang miskin dan lemah) adalah tugas suci agama sebagai realisasi misi utama Islam dalam kehidupan sosial. Dan untuk itu penulis buku ini menekankan pentingnya membawa ritus keagamaan menjadi aksi kemanusiaan. Lebih jauh lagi buku ini berusaha mengubah persepsi bahwa membel kaum buruh, orang miskin, mereka yang tertindas dan diperlakukan tidak adil, adalah merupakan ibadah dan amal saleh yang sama pentingnya dengan pergi haji dan puasa. Iman dan ketakwaan seseorang tidak hanya dilihat dari pemenuhan rukun Islam, melainkan juga pemihakan praktis pada kepentingan kaum mustadl'afin.


Ketersediaan

B031257/23297.3 Mul-t c.1Perpustakaan PascasarjanaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Landasan Gerakan Membela Kaum Mustadi'afin
No. Panggil
297.3 Mul-t
Penerbit Kreasi Wacana : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, ; 292 hlm, ; 15 x 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9799577392
Klasifikasi
297.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this