Image of What Is Philosophy?

Text

What Is Philosophy?



DISEBUT-SEBUT oleh banyak kalangan sebagai pemikir Prancis terkemuka, Gilles Deleuze hingga kematiannya pada 1995—merupakan salah satu pemikir penting di dunia Barat. Karya-karyanya disambut antusias, sedangkan kolaborasinya yang luar biasa dengan Felix Guattari telah memantapkan posisinya sebagai figur yang sangat berpengaruh dan orisinal di bidang kritisisme sastra dan filsafat. What is Philosophy? dipandang sebagai puncak pencapaian filosofis mereka berdua, dan langsung menjadi bestseller ketika terbit.


Deleuze dan Guattari membuat diferensiasi antara wilayah filsafat, sains, dan seni—melihat masing-masing sebagai cara menghadapi chaos—dan menantang pandangan umum bahwa filsafat merupakan perluasan dari logika. Keduanya juga membahas kesamaan dan perbedaan antara tulisan filosofis dan tulisan kreatif. Pelbagai anekdot segar dari sejarah filsafat bertebaran secara acak menghiasi buku ini, bersamaan dengan pembahasan mengenai para komposer, pelukis, penulis, dan arsitek.
Sebagai puncak pencapaian kolaborasi Deleuze dan Guattari, buku ini membawa perspektif baru untuk kajian Deleuze berikutnya mengenai sinema, lukisan, dan musik. Buku ini mampu membuat pembaca terpancing menafsirkan konsep yang tersebar di dalamnya sebagai teks terbuka (open texts).


Meskipun terfokus pada pertanyaan yang menjadi judulnya, buku ini dikemas dengan wawasan yang mencakup pelbagai periode sejarah, seni, dan filsafat...Sebagai bacaan yang menyenangkan, buku ini merupakan refleksi struktural yang rigorous atas konsep filsafat dan merupakan kontribusi sebenarnya untuk filsafat. Sangat direkomendasikan."
— Choice

"What is Philosophy?'... bergerak secepat cahaya, dipenuhi kilauan dari sesuatu, yang menurut standar Anglo-Saxon, merupakan overproduksi dari pelbagai konsep baru. Juktaposisi, neologisme, metafora baru ditebarkan secara acak halaman demi halaman. Kecemerlangannya memang langsung terlihat, tetapi sekaligus juga, seperti biasa, sukar untuk dipancing agar mengemukakan bukti-bukti.
— New Statesman and Society

DETAIL BUKU


Ketersediaan

B0300133/22150 Del-w c.1Perpustakaan PascasarjanaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Reinterpretasi Atas Filsafat, Sains, dan Seni
No. Panggil
150 Del-w
Penerbit Jalasutra : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
lxiv; 272 hlm; 14 x 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-97652-6-9
Klasifikasi
150
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this